Translate

Selasa, Oktober 10, 2023

Camino de Santiago - Portuguese Way (6)

 

Camino lagii ..  ke Santiago de Compostela 2022

Padron - Santiago de Compostela

By: Benediktus Beben

Padron - Santiago de Compostela 24 km
Minggu, 9 Oktober 2022

Selesai dinner dan menghabiskan waktu menikmati kota Padron tadi malam, kami masih bisa istirahat dengan baik. Dan hari ini, pagi-pagi sekali kami sudah keluar dari penginapan kami di Alberque Rossol dan berdoa dulu  di halaman gereja untuk melanjutkan perjalanan terakhir menuju Santiago de compostela.


Inilah Rute yang kami lewati hari ini:
1. PADRON - COLEGIATA DE IRIA PLAVIA 
2. COLEGIATA DE IRIA PLAVIA - ESCLAVITUDE 
3. ESCLAVITUDE - A PICARANA 
4. A PICARANA - FARAMELO 
5. FARAMELO - RUA DE FRANCOS
6. RUA DE FRANCOS - LAMELA
7. LAMELA - MILLADOIRO
8. MILLADOIRO - SANTA MARIA DE CONXO
9. SANTA MARIA DE CONXO - SANTIAGO DE COMPOSTELA

Kami berjalan melewati lorong - lorong kota yang terkesan tua dan keluar melewati jalan raya dengan pemandangan yang indah.


 Hari ini cuaca sangat cerah seperti kemarin dan kami terus berjalan melewati perkebunan dan pedesaan hingga sampai di sebuah gereja. Saya tanya ke umat yang ada di halaman gereja ini, desa apa ini namanya,, kalau ga salah dia bilang desa Cruces.. 


Tampaknya sedang ada perayaan misa minggu. Kami masuk ke dalam Gereja yang dihadiri banyak umat. Kami ikut misa sebentar dan berdoa sebelum melanjutkan perjalanan. 


Di halaman gereja tampak ada beberapa penjual makanan. Kami pun beli beberapa potong churos untuk di perjalanan. Churos ini rupanya cemilan kue khas Spanyol tapi buat saya terlalu manis..


Ayoo lanjut jalan lagi.. kami tidak bisa berlama -lama karena perjalanan hari ini lumayan jauh. Dari halaman gereja tadi, kami lanjut jalan kaki memasuki perkebunan dan pedesaan lagi. Di pinggir jalan tampak ada beberapa tumpukan labu hasil panenan para petani. Mungkin karena bulan Oktober ada perayaan haloween..


Kami terus berjalan melewati pedesaan dengan pemandangan kebun dan pepohonan. Beberapa kilometer lagi kami akan sampai di jalanan kota menuju Santiago.. Ayo semangat pasukan keong..


Ternyata cape juga ya.., jadi ketika lihat sebuah cafe, terpaksalah kami mampir untuk sekedar minum segelas bir atau sangria.. 

Sangria..

Oiya di Spanyol ini ada minuman khas yang enak namanya Sangria, warnanya merah sedikit beralkohol dan diminum dingin sangat nikmat. Saya suka sekali minuman ini, tiap ke cafe pasti pesan ini.. di samping itu ada juga Beer khas galicia yang juga sangat enak menyegarkan ..


Setelah berjalan kurang lebih 24 km, akhirnya kami memasuki kota Santiago de Compostela sekitar pukul 17.. Duh senangnya bisa sampai lagi ke kota suci ini. 


Para peziarah dari berbagai titik camino sudah mulai memasuki kota ini. Riuh rendah suara mereka dengan berbagai ekspresi melampiaskan kebahagiaan atas pencapaian ziarah mereka setelah berhari-hari, berminggu - minggu, bahkan berbulan - bulan  jalan kaki melewati batas keegoisan dan kesabaran. 


Katedral Santiago berdiri dengan megahnya menyambut kami para pencari Tuhan. 


Sekian dulu cerita perjalanan Camino kami.. Jangan lupa ikuti cerita kami di Youtube 

Jejak Ben


Terima kasih

Tuhan berkati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar