Translate

Jumat, September 22, 2023

Camino de Santiago - Portuguese Way (4)

Camino lagii ..  ke Santiago de Compostela 2022

Pontevedra - Palas de Reis

By: Benediktus Beben

Pontevedra - Caldas de Reis 24 km
Jumat, 7 Oktober 2022

Meninggalkan Pontevedra

Pukul 7.00 kami berjalan meninggalkan kota Pontevedra yang indah ini. Dari apartemen tempat kami menginap, kami berjalan ke alun-alun kota melewati Gereja Peregrino, Katedral dan sekitarnya. Sebelum meninggalkan kota ini, kami menyempatkan diri untuk masuk ke gereja dan berdoa di sana.

Kami terus berjalan menyusuri lorong - lorong pertokoan yang antik dengan bangunan bersejarah di sekitarnya. Sambil mengikuti tanda camino seperti biasa, kami  melewati jembatan kota dan keluar dari kota Pontevedra. Inilah rute yang kami tempuh hari ini:

1. PONTEVEDRA - PONTE DO BURGO
 2. PONTE DO BURGO - SANTA MARIA DE ALBA
 3. SANTA MARIA DE ALBA - SAN CAETANO
 4. SAN CAETANO - SAN AMARO
 5. SAN AMARO - VALBON
 6. VALBON - LA SECA
 7. LA SECA - TIVO
 8. TIVO - CALDAS DE REIS

Puji Tuhan.. sejauh ini cuaca sangat cerah termasuk hari ini. Terus berjalan melewati jalanan beraspal, masuk ke pedesaan dan keluar masuk daerah pertanian dan peternakan.

Tampak beberapa ekor sapi dan kuda sedang makan di padang rumput. Tentu saja kami tak melewatkan cicip anggur yang ranum dari kebun tetangga haha... maaf ya Om pingin cicip anggurnya..

anggur ranum di pinggir jalan

Beberapa km berjalan, kami mampir di sebuah cafe untuk makan siang. Oiya makanan khas Galicia yang harus dicicip tentu saja daging gurita yang dimasak pedas bernama Pulpo galego... hampir di setiap restoran ada menu ini. Kalau kita ke pasdar tradisional di Galicia, banyak juga  yang jual Gurita besar2...
Pulpo Galego

Di tengah perjalanan, kami ingat perkataan Maria sang musician, bahwa nanti ada tempat rekreasi yang bagus ketika melewati jalur ini. Nah kebetulan kami melihat Plang namanya di pinggir jalan.."Parque Natural Ria Barosa'.

Jadi penasaran masih keburu untuk mampir sebentar. Jadilah kami belok ke arah sana, keluar dari jalur camino. Ada beberapa peregrino juga yang tertarik rupanya. Kurang lebih 20 menit berjalan, kami sampai di tempat itu yang ternyata sebuah mata air dan taman rekreasi.

Lumayan juga buat ngadem di panas yang terik ini. Setelah puas di sana, kami melanjutkan lagi perjalanan Camino kami. Menyusuri pinggiran jalan raya, terus masuk ke hutan lindung sampai kami tiba di sebuah pedesaan dan terus berjalan di pinggiran jalan raya sampai tiba di kota kecil Palas De Reis.

Kami istirahat sejenak di Gerejanya sebelum tiba di tempat penginapan kami sebuah penginapan sejenis hostel yang disebut Pension. Penginapannya bernama 'Augas Quentes Pension' yang sangat nyaman dan bersih.
Di depan Augas Quentes Pension

Sampai sini dulu ya cerita kami..
kita lanjut part berikutnya..

Jangan lupa follow kami di youtube channel

Jejak Ben

Terima kasih kalau bersedia untuk subscribe, comment dan share..