Translate

Sabtu, Mei 14, 2011

Semilir angin di Pulau Samosir ....

Banyak tempat yang indah di Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Banyak keindahan dan keajaiban alam yang patut kita syukuri karena tidak ada di tempat lain.

Jika suatu hari anda menginjakan kaki di Pulau Sumatera, berkunjunglah ke Danau Toba dan Pulau Samosir yang ada di tengah danau tersebut. Anda akan berdecak kagum karena keindahannya.
Untuk mencapai pulau ini, anda cukup naik perahu sekitar 30 menit dari tepi danau. Selama di perahu, anda akan disuguhi pemandangan indah dari tepian pulau Samosir. Di atas perahu anda akan mengenal sedikit banyak budaya Batak dari para penumpang lokal dengan kostum dan bahasa Batak yang mungkin tidak anda mengerti...

Danau Toba, terletak di Provinsi Sumatera Utara dan  sudah sangat terkenal di dunia karena merupakan danau yang terbentuk dari gunung berapi yang memiliki area terluas dan terdalam di dunia. Pulau Samosir yang ada di tengah tengah danau luasnya kurang lebih sebesar 1.419,05 km persegi, hampir seukuran dengan luas negara Singapore. Pantas saja saya terkagum kagum waktu berkunjung kesana dan mencari cari yang mana pulau Samosir yang kata orang ada di tengah Danau Toba. Padahal pulau itu saya pandangi begitu tiba di Danau Toba. Di benak saya, pulau itu  kecil dan kelihatan dari ujung ke ujung.

Di Pulau Samosir ini, banyak aset wisata yang menarik dan sedap dipandang dengan nuansa Batak yang kental. Untuk objek wisata sejarah berkunjunglah ke makam Raja Sidabutar yang berada di wilayah Tomok. Makam ini terbuat dari batu utuh tanpa sambungan sebagai tempat peristirahatan terakhir Raja Sidabutar.
Ada juga Batu Persidangan yang berada di desa Siallagan, yang digunakan untuk mengadili dan mengeksekusi para kriminal.. Jika tertarik dengan benda benda kuno orang Batak, berkunjunglah ke Museum Huta Bolon. Anda juga bisa menari bersama boneka tradisional Sigale gale.

Dari wisata alam, ada keajaiban di Pulau Samosir, karena pulaunya luas, ternyata ada juga danau di pulau ini. Alangkah ajaibnya ada Danau di tengah Danau ya... namanya Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Keduanya memiliki air yang jernih dan pemandangan yang menakjubkan dengan deretan pohon pohon pinus di atas bukit yang mengelilingi kedua danau tersebut.

Objek wisata alam lainnya yaitu Goa Marlakkop di desa Tanjung dan Batu Marhosa yang fenomenal karena konon batu ini dapat 'bernafas' atau dapat menghembuskan udara... wah anda harus membuktikannya sendiri..



Ada juga Pantai Ambarita yang indah tempat yang cocok untuk pemandian dan pemancingan. Dan satu lagi yang tidak boleh dilewatkan yaitu kawasan TukTuk  Siadong, yang menjadi pusat kegiatan wisata di Pulau Samosir yang sudah dilengkapi sarana Hotel, Restaurant dan pusat kerajinan. 

Ayo sebelum anda jauh jauh melancong ke Luar negeri, berwisatalah ke negeri kita tercinta Indonesia. Banyak sekali tempat yang indah dan menakjubkan yang perlu kita nikmati dan lestarikan...

2 komentar: